Celebrity

Jumat, 16 April 2010

The New Madrid-Barajas Airport


Bandara Internasional Barajas Madrid (IATA: MAD, ICAO: LEMD), terletak di timur laut pusat kota Madrid (40°28′20″LU,3°33′39″BB), adalah pintu gerbang internasional dan domestik terpenting di Spanyol. Bandara ini dibuka pada 1928, dan kini telah berkembang menjadi salah satu pusat penerbangan terpenting di Eropa.





Barajas berfungsi sebagai pintu gerbang ke jazirah Iberia dari seluruh bagian Eropa dan dunia, khususnya Amerika Latin. Pada 2005, 41.963.197 penumpang menggunakan Barajas; bandara ini menduduki peringkat ke-12 dunia—dan ke-5 Eropa—sebagai bandara paling sibuk.. Barajas adalah pusat (hub) utama dan basis pemeliharaan Iberia Airlines. Akibatnya, Iberia bertanggung jawab atas sekitar 60 persen lalu lintas di Barajas.


Pada 5 Februari 2006, Terminal 4 yang sangat besar diresmikan—menjadikan Barajas bandara terbesar di dunia, dalam pengertian wilayah terminalnya, dengan luas lebih dari satu juta meter persegi. Dengan tambahan area yang baru, Barajas dirancang untuk menangani sekitar 70 juta penumpang setiap tahunnya.

Terminal 1, 2 dan 3 terletak berdampingan dan merupakan rumah bagi peruahaan penerbangan SkyTeam dan Star Alliance, maupun Air Europe dan Spanair.


Terminal 4, dirancang oleh Antonio Lamela dan Richard Rogers (tim pemenang dari tahun 2006 Stirling Prize ), dan Insinyur TPS , (tim pemenang dari tahun 2006 Penghargaan IStructE untuk Struktur Komersial)  dibangun oleh Ferrovial [7] dan diresmikan pada 5 Februari 2006. Terminal 4 adalah salah satu terbesar di dunia terminal bandara dalam hal luas, dengan 760.000 meter persegi (8.180.572 kaki persegi) di landside terpisah dan struktur airside. Ini terdiri dari bangunan utama, T4 (470.000 m²), dan bangunan satelit, T4S (m² 290.000), yang sekitar 2,5 km terpisah. The 4 Terminal baru ini dimaksudkan untuk memberikan penumpang awal yang bebas stres untuk perjalanan mereka. Ini dikelola melalui penggunaan hati-hati pencahayaan, dengan panel kaca bukan dinding, dan kubah banyak di atap yang memungkinkan cahaya alami untuk melewati. Dengan tambahan baru, Barajas dirancang untuk menangani 70 juta penumpang per tahun.




Selama pembangunan Terminal 4, dua landasan pacu lebih (15L/33R dan 18L/36R) dibangun untuk membantu aliran lalu lintas udara tiba dan berangkat dari Barajas. Ini landasan pacu secara resmi diresmikan pada 5 Februari 2006 (bersama-sama dengan terminal), tetapi sudah digunakan pada beberapa kesempatan sebelumnya untuk menguji penerbangan dan manuver lalu lintas udara. Dengan demikian, Barajas memiliki empat landasan pacu: dua pada poros utara-selatan dan sejajar satu sama lain (dipisahkan oleh 1,8 km) dan dua pada sumbu barat laut-tenggara (dan dipisahkan oleh 2,5 km). Hal ini memungkinkan lepas landas dan pendaratan simultan ke bandara, yang memungkinkan 120 operasi pendaratan per jam (satu lepas landas atau pendaratan setiap 30 detik).


Terminal 1, 2 dan 3 adalah terminal yang berdekatan yang merupakan rumah bagi SkyTeam dan Star Alliance maskapai penerbangan, serta Europa Air . Terminal 4 adalah rumah bagi Iberia , franchise Air Nostrum dan semua Oneworld mitra maskapai penerbangan. Nomor gerbang yang terus menerus dalam terminal 1, 2 dan 3 (A1 ke E89), tetapi secara terpisah nomor di terminal 4.




Barajas terpilih "Best Airport" tahun 2008 Condé Nast wisatawan Awards.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...